Cara Merawat Seragam Kerja

Kelebihan konveksi seragam
Kelebihan Memakai Seragam Di Kantor
January 25, 2019

Cara Merawat Seragam Kerja

Cara Merawat Seragam Kerja yang kusut, lusuh dan tidak rapi terkadang membuat kepercayaan seseorang individu menjadi berkurang. Hal ini biasanya disebabkan karena minimnya perawatan terhadap seragam kerja yang sering dipakai. berikut kita akan ulah tentang cara merawat seragam kerja anda. agar lebih nyaman untuk dipakai.

#1 Proses pencucian seragam kerja

Proses pencucian seragam kerja

Mencuci merupakan hal yang hampir setiap hari kita lakukan. Namun tidak semua pakaian bisa diperlakukan sama, misalnya saja pada seragam kerja Anda. Pada proses pencucian biasanya diawali dengan proses perendaman. Untuk proses perendaman sendiri sebaiknya Anda tidak mencampurkan seragam kerja Anda dengan pakaian-pakaian yang biasanya Anda pakai. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau serta warna pakaian yang bisa saja luntur. Waktu perendaman yang baik dilakukan selama 30 menit.

Jika Anda memiliki seragam berwarna putih, sebaiknya Anda juga memberikan perlakuan khusus. Selain tidak mencampurnya dengan pakaian lain pada saat proses perendaman, hal lain yang harus Anda lakukan untuk seragam kerja berwarna putih adalah Anda bisa menggunakan pemutih untuk menghindari warna pudar dan bercak kekuningan pada seragam putih Anda. Untuk mencuci seragam kerja sebaiknya tidak dilakukan dengan mesin, karena dengan mesin sangat rawan membuat seragam kerja Anda cepat rusak. Pada penggunaan deterjen dianjurkan untuk menggunakan deterjen yang memilki sifat soft, serta Anda bisa menambahkan sedikit pelembut ke dalam cucian Anda.

#2 Penjemuran seragam kerja

Cara Merawat Seragam Kerja

Hal penting yang juga tidak boleh Anda lewatkan dalam merawat seragam kerja adalah proses penjemuran. Pada saat menjemurnya Anda disarankan untuk menjemur seragam Anda dalam keadaan atau posisi terbalik, terbalik dalam arti posisi kancing berada di bagian dalam seragam. Hal ini dilakukan agar seragam kerja Anda bisa lebih awet dan tidak cepat memudar.

Misalnya saja pada seragam yang berwarna gelap, dengan membalik seragam tersebut biasanya akan menghindari dari serat-serat dan debu yang menempel. Selain itu pada proses penjemuran sebaiknya Anda menjemur di tempat yang sedikit teduh dan tidak terkena matahari langsung. Apabila terkena sinar matahari langsung biasanya bahan seragam kerja cenderung akan mudah rusak dan pudar ketika Anda memakainya. Hal lain lagi yang harus diperhatikan dalam menjemur seragam kerja Anda yaitu sebaiknya Anda tidak memeras seragam kerja Anda ketika ingin menjemurnya.

#3 Menyetrika seragam kerja

Cara Merawat Seragam Kerja

Sama seperti proses penjemuran bahwa tidak semua kain bisa diperlakukan sama, begitu juga dengan proses menyetrika seragam kerja Anda. Hal yang harus Anda perhatikan dalam menyetrika seragam kerja yaitu tentang pengaturan pada suhu setrika. Pengaturan suhu penting karena tidak semua kain cocok dengan suhu yang panas. Untuk hal ini yang perlu dan penting Anda ketahui sebelum menyetrika adalah bahan dari seragam Anda.

Disarankan Anda menyetrikanya dengan setrika yang mempunyai pengaturan suhu atau bisa juga Anda menggunakan setrika dengan metode mesin uap atau steam. Selain itu ketika menyetrikanya Anda tidak dianjurkan untuk melipatnya. Hal ini disebabkan melipat dapat membentuk dan meninggalkan bekas garis-garis pada seragam kerja Anda. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk menggunakan setrika yang memiliki lapis dengan bahan teflon di bawahnya.

#4 Menyimpan seragam kerja

Menyimpan seragam kerja juga sebaiknya tidak Anda sepelekan. Untuk menyimpan seragam kerja yang benar sebaiknya Anda menyimpannya di dalam lemari yang tidak mempunyai suhu yang lembab, suhu yang lembab cenderung bisa menyebabkan jamur akan menempel pada lemari dan berdampak pada seragam kerja Anda. Ditakutkan ketika kita menyimpan seragam kerja di dalam lemari yang lembab dan menjamur sangat rawan bisa terjadi gatal-gatal ketika Anda memakai seragam seragam kerja yang di ambil dari dalam lemari yang lembab. Selain itu untuk menyimpan seragam kerja sebaiknya Anda menyimpannya dengan cara digantung.

Jika Anda menyimpannya secara dilipat dan meyusunnya dengan ditumpuk biasanya akan meninggalkan bekas pada seragam kerja yang ingin Anda pakai. Satu hal lagi yang penting Anda lakukan adalah Anda bisa meletakkan pewangi lemari di dalamnya, serta kapur anti serangga di dalam lemari Anda. Jika Anda mempunyai plastik khusus untuk seragam, Anda bisa juga melapisi seragam Anda dengan pelindung yang terbuat dari bahan plastik atau semacamnnya. Hal ini dilakukan agar seragam kerja Anda tidak terkena debu apabila tidak dipakai dalam kurun waktu yang lama.

Memilih jasa konveksi seragam kerja merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat seragam kerja pada suatu instansi atau perusahaan dalam jumlah yang besar. Selain bisa memesan dengan jumlah yang banyak, konveksi seragam kerja juga mempunyai kualitas yang baik, mulai dari pengerjaannya hingga sumber daya manusianya. Namun hal penting agar seragam kerja yang Anda buat di konveksi tetap awet, sebaiknya Anda merawatnya dengan baik. Karena kualitas bahan dan pekerjaan harus diimbangi dengan perawatan yang Anda lakukan sendiri terhadap seragam Anda.

Comments are closed.