Informasi Bahan

Informasi Bahan Pakaian

Berikut adalah informasi bahan (kain) untuk produk garmen/konveksi

Bahan Kaos dan Poloshirt

Bahan Kaos dan Poloshirt

Pada dasarnya, bahan kaos adalah bahan yang dibuat menggunakan teknik rajutan yaitu benang dirajut sedemikian rupa sehingga menjadi kain yang agak sedikit elastis dan dapat menyusut sesuai dengan jenis bahannya. bahan kaos sendiri dapat dibedakan berdasarkan jenis rajutan dan komposisi bahan penyusunnya. Adapun penggunaannya, bahan kaos bisa dibuat menjadi kaos oblong, kaos berkerah atau bahkan jaket. Untuk lebih jelasnya berikut paparan masing-masing jenis bahan kaos :

Cotton Combed

Cotton Combed adalah bahan yang paling umum digunakan untuk kaos oblong yang berkualitas baik. Bahan cotton combed terbuat dari 100% cotton yaitu serat kapas dan melalui proses penyisiran / penghalusan serat, sehingga karekteristik bahan menjadi halus, tidak berbulu, lembut dan nyaman dipakai, menyerap keringat, dan tingkat susutnya sangat kecil.

Cotton Cardet

Cotton carded terbuat dari katun yang sama seperti cotton combed. Bedanya adalah cotton carded ini tidak melalui proses penyisiran sehinggan permukaan bahan tidak sehalus dan selembut catton combed. Namun karateristik cotton carded ini tetap menyerap keringat, nyaman.

Teteron Cotton (TC)

TC adalah salah satu bahan yang cukup sering digunakan untuk membuat kaos, khususnya bagi Anda yang ingin membuat kaos dengan budget terbatas. TC merupakan campuran dari Teteron + Cotton, jadi bukan 100% cotton. Rasionya bisa berbeda-beda, yang umum ditemukan adalah 35% teteron dan 65% cotton. Semakin besar rasio teteronnya, maka kain akan semakin panas. Ini adalah karakteristik dari bahan kaos TC.

Polyester (PE)

PE adalah bahan kaos yang lebih murah lagi dibandingkan ketiga bahan diatas. PE terbuat dari polyester/plastik dan banyak digunakan untuk kaos promosi. Karakteristiknya adalah bahan ini kurang menyerap keringat, keras dan panas saat dikenakan.

Lacoste/Cotton Pique

Ini adalah bahan yang banyak digunakan untuk membuat polo shirt / kaos kerah. Karakteristiknya adalah bahan ini lembut, nyaman, dan pori-porinya besar. Nama bahan ini adalah cotton pique. Kadang bahan ini disebut LACOSTE/POLO karena pada awalnya kedua merek tersebut adalah yang banyak menggunakan jenis bahan ini. Bahan ini sangat cocok untuk design yang menggunakan bordir.

Fleece

Ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat sweater, jaket varsity. Fleece memiliki ciri-ciri permukaan yang berbulu halus.

Bahan Kemeja Drill

Bahan Kemeja Drill
Kain Seragam Drill

Kain drill adalah kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill biasa terbuat dari bahan Katun(serat kapas), Rayon(Voscose), Polyester maupun campuran antara Polyester-Katun(TC), Polyester-Rayon(TR). Kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja kantor, kemeja lapangan, jaket safari, blus, dan dan yang lainnya.

Pada mulanya, jaman dahulu kain drill ini biasa dipakai untuk pembuatan seragam tentara karena warnanya sesuai dengan warna lingkungan sehingga cocok untuk kamuflase. Pada perang dunia kedua kain drill sangat populer sebagai bahan pembuatan seragam militer. Setelah perang dunia kedua usai banyak tentara kembali ke kampus sehingga kain drill menjadi populer karena digunakan untuk membuat pakaian kasual. Kain drill dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

Twist Drill atau kain drill serat kecil.

Saat ini terdapat kain twist drill yang memiliki karakterisitik water repellent atau air tidak mudah menembus kain jenis ini. Kain ini biasanya digunakan untuk jaket almamater dengan zipper. Sehingga jaket almamater dengan zipper ini juga dapat digunakan untuk kegiatan luar ruangan (outdoor).

American Drill

Karakteristik kain American drill adalah permukaan kainnya lebih lembut. Kain jenis American drill terbuat dari bahan katun dan polyester. Anda bisa menggunakan jenis kain ini untuk membuat jas almamater.

Japan Drill

Jenis kain drill yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya untuk seragam lapangan adalah kain japan drill. Kain japan drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain lainnya. Kain japan drill yang paling disukai adalah yang komposisinya lebih banyak terbuat dari katun karena lebih nyaman dipakai dibandingkan kain japan drill yang banyak kandungan polyesternya.Merek yang terkenal adalah Nagata Drill. Kegunaan lain dari kain drill digunakan untuk berbagai aplikasi, diantaranya adalah digunakan untuk layar pada kerajinan kapal untuk souvenir. Selain itu kain drill juga digunakan untuk keperluan lain seperti untuk membuat terpal, tenda, awning dan kanopi.

Anda Perlu Informasi Perihal Bahan?

Silahkan klik tombol dibawah ini: