fbpx
Bahan Kain Anti Bakteri Dan Pemanfaatannya Khusus Masker
April 8, 2020
Rekomendasi Masker Kain Pelindung Diri Serta Bisa Di Cuci
April 16, 2020

5 Kelebihan Dan Kekurangan Masker Kain

5 Kelebihan Dan Kekurangan Masker Kain, Sejak pertama kali Indonesia mengonfrimasi kasus pertama virus corona, kelangkaan masker menjadi fenomena yang tidak dapat dielakkan. Pasalnya semua orang berlomba – lomba memburu masker guna melindungi diri dari penularan virus penyebab Covid 19 tersebut

Selain mudah dibuat sendiri, Konveksi masker kain ini juga dapat dicuci dan dipakai kembali sehingga bisa lebih hemat. Namun sebenarnya, penggunaan masker kain ini juga mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan sendiri

Dapat Digunakan Untuk Menahan Droplet

Pada umumnya, keleibhan masker kain yang pertama adalah mampu menahan droplet atua air percikan batuk atau bersin yang bisa ditularkan penderita Covid 19 ke orang lain. Kemampuan ini sempat diragukan oleh banyak orang. Tetapi penggunaan Masker kain terbukti dapat menahan droplet atau cairkan yang terdapat virus

Meskipun demikian, pemakaian masker kain ini mempunyai aturan tersendiri. Kamu disarankan untuk segera mengganti masker yang lebih bersih setelah pemakaian selama 3 jam. Untuk itu memang dianjurkan memiliki beberapa potong masker kain untuk persediaan. Sehingga masker tersebut dapat digunakan secara berganti – ganti untuk tetap menjaga kebersihannya

Harga Lebih Terjangkau

Penggunaan masker kain juga memiliki kelebihan lain yaitu harganya yang lebih terjangkau. Hal ini jelas jika dibandingkan penjualan masker bedah yang kini mencapai 300.000 rupiah per kotaknya.

Sedangkan masker kain sendiri bisa didapatkan dengan harga di bawah 10.000 rupiah per lembarnya. Masker kain ini juga masih mudah ditemui di pasaran.

Bahkan masker kain ini juga dapat dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan sederhana. Ini menjadi salah satu kelebihan dari masker kain sebagai alternatif cara di tengah kondisi masker yang semakin langka.

Bisa Dicuci dan Dipakai Kembali

Bukan hanya harganya yang murah dan mudah dibuat, penggunaan masker kain juga dapat terbilang hemat. Bukan tanpa alasan, pemakaian masker kain bisa dicuci dan dipakai kembali sehingga tidak terhindar dari pemakaian yang terlalu boros.

Tidak perlu khawatir higienitasnya, masker kain ini bisa kembali bersih dan steril setelah dicuci dengan baik. Cara mencucinya pun tidak rumit, sama seperti mencuci bahan kain pada umumnya.

Jadi jika Anda saat ini mulai merasa lelah mencari stok masker yang tidak kunjung ada, masker kain ini bisa menjadi pilihan.

Mengurangi Sampah

Penggunaannya yang hemat dan dapat dipakai berulang-ulang, membuat penggunaan masker kain ini membantu mengurangi sampah yang ada. Penggunaan masker bedah sekali pakai pada umumnya memang harus segera dibuang setelah pemakaian.

Hal ini tentu saja menyebabkan banyaknya sampah masker yang menumpuk di tempat pembuangan. Apalagi jika masker sekali pakai ini digunakan hampir semua orang.

Penggunaan masker kain yang dapat dicuci dan dipakai ulang ini merupakan rekomendasi baik untuk mengurangi sampah yang ada. Memiliki masker kain dalam jumlah yang cukup banyak pun tidak menjadi masalah, karena masih dapat dipakai dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang punya perhatian dengan isu lingkungan di tengah pandemi ini, penggunaan masker kain menjadi solusi terbaik.

Tidak Direkomendasikan Bagi Petugas Medis

Dari semua kelebihan masker kain yang ada, terdapat satu kekurangan yang tidak boleh diabaikan. Di mana penggunaan masker kain tidak direkomendasikan untuk petugas medis yang menangani langsung dengan pasien Covid-19.

Penggunaan masker kain ini justru semakin memperbesar peluang penularan virus corona jika dipakai oleh petugas medis. Bisa jadi virus tersebut menempel dan bertahan pada masker kain tersebut.

Bagaimanapun juga, masker bedah mempunyai kemampuan 3 kali lebih efektif untuk mencegah penularan virus corona dibandingkan masker kain. Masker kain dinilai tidak mampu menyaring partikel kecil virus sehingga penggunaannya membahayakan tenaga medis.

Penggunaan masker kain di dunia medis sendiri merupakan sebuah pengecualian apabila terdapat situasi tidak terduga di mana mereka kekurangan masker bedah ataupun masker N95. Apabila hal itu terjadi, maka dengan terpaksa para petugas diizinkan untuk menggunakan masker kain.

Rekomendasi Artikel : Bahan Kain Anti Bakteri Dan Pemanfaatannya Khusus Masker

Cara Penggunaan Masker yang Benar

Masker bedah dan masker N95 dapat digunakan untuk mencegah paparan virus Corona. Namun, manfaat dari kedua masker ini hanya akan efektif jika Anda menggunakannya dengan benar.

Berikut adalah panduan menggunakan masker yang benar:

  1. Pastikan Anda telah mencuci tangan dengan benar.
  2. Jika Anda menggunakan masker bedah, pastikan sisi luar adalah yang berwarna hijau dan sisi dalam yang berwarna putih.
  3. Pasang tali masker dengan baik. Jika tali masker perlu diikat, ikat bagian atas terlebih dahulu, kemudian bagian bawahnya.
  4. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu dengan sempurna. Pastikan pula bagian yang ada logamnya berada di batang hidung.
  5. Lekukkan strip logam mengikuti lekukan hidung hingga tidak ada menyisakan lubang.
  6. Hindari menyentuh bagian tengah masker saat menggunakan dan melepas masker.
  7. Buang masker ke tempat sampah dan cuci tangan Anda hingga bersih setelah menggunakan masker.

Comments are closed.