Cara Bikin Kemeja Flanel Jadi Lebih Awet

Tips Memilih Bahan Kemeja Untuk Fashion Anda
Tips Memilih Bahan Kemeja Untuk Fashion Anda
November 14, 2018
Konveksi Kemeja Berkualitas Terbaik Di Indonesia
December 2, 2018

Cara Bikin Kemeja Flanel Jadi Lebih Awet

Pada kesemantan ini admin garmanesia.co.id akan membahan tentang cara bikin kemeja flanel jadi lebi awet, tentu jika memiliki baju kesayangan atau kemeja favorite tentu ingin awet dan bisa di pakai setiap hari, tentu kita harus menemukan tempat pembuatan yang sangat bagus dan memiliki kualitas yang sangat terjamin dan bisa membuat pemesanan lebih banyak itu biasa konveksi kemeja

Sejarah Singkat Kemeja Flanel

Lagi – lagi menurut sejarah dikatakan bahwa kemeja falnel ditemukan pada awal abad ke 16 di wales dan sering disebut dengan flannelette. pada masa itu parapetani disana sering memakai pakaian hangt dan sedikit tebal agar terhindar dari suhu dan cuaca dingin serta rantin gpohon. pada awalnya flanel di buat secara tradisional dari bahan benang wol yang di garuk pada proses finishing, sehingga membuat pakaian ini terlihat rapih dan nyaman ketika digunakan.

Terjadi perubahan besar – besaran dalam praktisi industri pada abad 18. Setelah itu Flanel mulai diproduksi secara masal dan menjadi produk pabrikasi. Pada abad ke 20 barulah Flanel tidak hanya di produksi hanya untuk cuaca dan suhu dingin saja, akan tetapi disesuaikan dengan musim – musim yang ada di berbagai negara dengan mencampurkan beberapa bahan kain seperti kapas (cotton) dengan sutera sehingga kemeja flanel dapat digunakan suhu dan cuaca yang hangat

Kemeja Flanel merupakan kemeja yang cocok dipakai dan digabungkan dengan berbagai macam pakaian lainnya seperti jeans, sepatu sneakers atau dipadukan dengan tshirt. Menurut sejarah ternyata kemeja flanel memiliki rekam jejak yang sangat panjang serta menarik untuk diketahui. Perlu kita ketahui bawa pada awalnya kemeja flanel sering di gunakan oleh para pekerja keras yang turun langsung dilapangan

Cara Bikin Kemeja Flanel Jadi Lebih Awet

Flanel Berasal dari bahasa wales yaitu gwlanen yang artinya bahan wol. Sejarah mencatat flanel ditemukan pada awal abad ke 16 di wales dengan sebutan flanelette. Para petanipada saat itu menggunakan baju hangat agar terhindar dari cuaca dingin

Di Negara Francis istilah flanel dipakai pada akhir abad ke 17 sedangkan di jerman pada awal abad ke 18 dengan menyebutna flanel dan dalam bahasa inggris situlis flannel. Pada awalnya kemeja flanel dibuat secara tradisional dan dibuat dari bahan woll yang garuk pada proses finishing. Dengan memepertimbangkan biaya bahan baku wol yang cukup tinggi, perrlahan-lahan bahan wol muali digantikan dengan serat kapas (cotton) campurran sutera dan serat sintetis

Pada tahun 1889, seorang asal Michigan, Amerika Serikat, yaitu Hamilton Carhatt (1855-1937) mendirikan perusahaan yang dinamakan Carhatt. Carhatt mengklaim sebagai yang pertama kali menemukan kemeja berbahan flanel, termasuk motif kotak-kotak yang terinspirasi dari Kilt, pakaian tradisional Skotlandia.
Carhatt berusaha untuk menciptakan pakaian tahan banting, yang nyaman dipakai, namun tetap berkarakter, untuk para pekerja lapangan yang aktif. Pada awalnya mereka membuat pakaian flanel ini untuk para engineers yang bekerja di jalur kereta api.

Pada abad ke 20 flanel tidak hanya diproduksi untuk cuaca dingin saja, akan tetapi mulai disesuakan dengan musim-musim yang ada. sehingga flanel bisa digunakan dicuaca yang hangat. Pada abad yang sama flanel mulai masuk ke Amerika ?Utara.

Cara Bikin Kemeja Flanel Jadi Lebih Awet

Flanel kotak-kotak di identik dengan para pekerja kasar seperti petani, gembala, pekerja tambang, penebang pohon dan semua yang bekerja diluar ruangan. sangat mudah untuk dicuci serta kehangatannya sangat memungkinkan para pekerja bebas bergerak dan bekerja dalam jangka eaktu yang cukup lama pada cuaca dingin. Mulai pada saat itu para penebang pohon identik dengan kemeja flanel dan sepasang sepatu boots.

Perang dunia I pecah pada tahun 1914, pada saat itu flanel digunakan sebagai seragam dan selimut di medan pertempuran serta dijadikan perban alternatif di rumah sakit. Pada saat perang berakhir dunia pun berubah, perbedaan antar kelas masyarakat menjadi bias. Selama Great Depression yang datang mengikuti Perang Dunia, kemeja flanel yang pada mulanya identik dengan kalangan kelas bawah, lambat laun naik kasta dan menjadi milik seluruh lapisan sosial. Pada masa ini pula, kemeja flanel diidentikkan dengan kelaki-lakian.

Selama Great Depression yang datang mengikuti Perang Dunia, kemeja flanel yang pada mulanya identik dengan kalangan kelas bawah, lambat laun naik kasta dan menjadi milik seluruh lapisan sosial. Pada masa ini pula, kemeja flanel diidentikkan dengan kelaki-lakian.

Pada tahun 1939, Red Flannel Day mulai dilaksanakan secara rutin di Cedar Springs, Michigan, setelah kota tersebut menjadi terkenal di seluruh negeri karena memproduksi sweater berbahan flanel warna merah. Kota ini masih merayakan Red Flannel Festival sampai sekarang, jatuh pada weekend terakhir di bulan September dan weekend pertama di bulan Oktober.

Pada tahun 1963, The Beach Boys kembali membuat kemeja flanel ini terkenal, setelah mereka berpose mengenakan kemeja flanel sambil mengangkat papan luncur untuk cover album mereka, “Surfer Girl”.

Di awal 1990-an, group band asal Seattle, Nirvana (yang di motori oleh Kurt Cobain) dan Pearl Jam mempopulerkan kembali kemeja flanel dengan motif kotak-kotak. Masa keemasan grunge saat itu ditandai dengan perubahan pola berpakaian di kalangan anak-anak muda. Tidak ada lagi jaket kulit yang sempat berjaya oleh kalangan glam rock. Trend beralih, mereka beramai-ramai mengenakan kombinasi kemeja flanel, jeans, dan sepatu boots juga sneakers.

Desain yang keren Tips Memilih bahan kemeja flanel jadi andalan kaum pria untuk bergaya. Fashion ini cocok dipadukan dengan beragam outfit dan memang pas dikenakan di segala aktivitas. Seperti pakaian lainnya, kemeja flanel pun memerlukan sedikit tips perawatan khusus supaya bisa awet dan terjaga kualitasnya.

Perawatan yang kurang tepat bisa membuat kemeja flanel menjadi kusam atau bahkan berbulu-bulu. Maka dari itu Anda harus tahu cara merawat kemeja flanel untuk mencegah rusaknya kemeja kesayangan Anda. Dengan begitu Anda tak akan menyesal. Simak tips merawat kemeja flanel agar lebih awet berikut ini.

Tips Perawatan Kemeja Flanel

Cara Bikin Kemeja Flanel Jadi Lebih Awet

#1. Pisahkan kemeja flanel dengan pakaian yang lain

Agar tak luntur dan makin rusak, memang ada baiknya Anda memisahkan kemeja flanel ketika dicuci dengan pakaian lain. Selain itu, hindari mencuci kemeja flanel dengan mesin cuci karena bisa merusak serat kain dan bikin kemeja flanel cepat rusak.

#2. Gunakan air dingin untuk mencuci kemeja flanel

Ketika mencuci kemeja flanel usahakan agar tak menggunakan air hangat melainkan air dingin. Mengapa air dingin? Ini karena air hangat bisa membuat serat kain flanel terburai dan warna jadi cepat pudar. Rendam kemeja flanel dalam air dingin yang dicampur detergen khusus dan mempunyai fungsi melembutkan untuk menjaga kain flanel supaya tak mudah rontok.

Usahakan jangan rendam kain flanel terlalu lama. Cukup rendam sekiranya 15 menit saja dan langsung kucek kemeja flanel dengan lembut. Jangan kucek terlalu keras, ini menyebabkan kemeja flanel mudah rusak. Sesudah merendam dan mengucek, segera bilas kemeja flanel dengan air dingin yang bersih sampai sisa busa detergen hilang

#3. Gantung kemeja flanel agar kering secara alami

Setelah dicuci dan dibilas, gantung kemeja flanel supaya kering secara alami. Hindari pengeringan menggunakan mesin pengering di mesin cuci, agar kemeja flanel tak mudah rusak atau warnanya pudar. Sebelum menggantung, sebaiknya Anda merendam kemeja yang sudah dibilas dengan air pengharum baju selama beberapa menit. Supaya serat kain tetap lembut dan tak terburai.

Jemur kemeja flanel dengan di tempat yang tak terlalu panas. Cari tempat yang teduh, agar kemeja flanel tak jadi rusak dan usahakan terus membolak-balik kemeja flanel ketika dijemur. Alasannya supaya kemeja flanel tetap kering merata dan tak ada bagian yang ‘mbulak’.

#4. Rapikan kemeja flanel

Jika sudah kering, rapikan kemeja flanel dengan setrika. Namun ingat, ketika menyetrika balik kemejanya. Jadi, bagian dalam yang disetrika bukannya bagian luar yang tampak lembut itu. Ini harus dilakukan untuk menghindari pudarnya warna dan kemeja jadi ‘mbulak’ alias serat kainnya yang terburai. Mudah bukan cara mencuci kemeja flanel? Dengan begitu Anda bisa bikin kemeja flanel tetap awet dan terlihat selalu stylish.

#5. Menyetrika kemeja flanel

Menyetrika kemeja flanel yang sudah kering bisa Anda lakukan dengan cara seperti menjemur, yakni dengan membalik bagian dalam berada di luar. Setrika bagian dalam kemeja Anda dengan mengikuti alur dari kain kemeja. Jika sudah disetrika, Anda bisa menyimpan kemeja flanel di lemari pakaian dengan cara dilipat atau digantung.

Itulah beberapa tips dan cara bikin kemeja flanel yang jadi kesayangan Anda bisa lebih awet, warna tetap cerah dan tak pudar. Selain itu konveksi kemeja indonesia, tak ada salahnya memperhatikan care instruction yang biasanya ada di label pakaian. Hal ini dikarenakan beberapa jenis bahan memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.